Muslimah Indonesia dan Ancaman Hijab Impor

Muslimah Indonesia dan Ancaman Hijab Impor

Hijab bagi sebagian orang kerapkali dikaitkan dengan keberhasilan dakwah Islam di Indonesia. Jenis pakaian ini bahkan tidak jarang dijadikan parameter untuk menilai apakah suatu wilayah bisa disebut islami atau tidak. Maka tidak heran merebaknya tren pemakaian jilbab di Indonesia belakangan disambut dengan penuh suka cita.

Namun persoalan pemakaian jilbab tentu saja tidak sebatas pada persoalan dakwah agama. Dalam kacamata ekonomi, ratusan juta muslimah di Indonesia jelas bukan pasar yang sedikit. Mengingat hal itu, Indonesia jelas merupakan pasar hijab yang diperebutkan oleh banyak pihak.

Pertanyaannya kemudian, siapakah hari ini yang paling mungkin mereguk untung atas makin naiknya tren pemakain hijab di Indonesia?

Bagi Arlian Buana, sebelum menjawab pertanyaan tersebut mesti bergeser pada cakupan yang lebih besar dari Indonesia: Dunia. Melalui “Ahlan Wa Sahlan Industri Hijab Dunia” ia menjelaskan bagaimana tren pemakaian hijab sesungguhnya fenomena global yang bisa kita temui di manapun komunitas muslim tumbuh, dari Arab sampai Amerika. Ini pula yang menjadikan pasar “Hijab” tidak pernah dibiarkan nganggur  oleh raksasa-raksasa fashion dunia.

“Industri hijab mengalami kemajuan signifikan dalam beberapa tahun terakhir.” tulisnya. “Brand-brand ternama mulai melirik kecenderungan ini sebagai peluang besar untuk memangsa pasar baru. Selain H&M, brand-brand seperti DKNY, Tommy Hilfiger, dan Mango mulai meluncurkan koleksi busana muslim. Zara tak mau ketinggalan.”

Dalam liputan Buana tersebut, pasar hijab Indonesia ternyata juga tidak lepas dari incaran pemain fashion dunia. Menarik mengikuti bagaimana pemain lokal berjibaku melawan penetrasi modal dari luar. Anda bisa membacanya di sini

Print Friendly

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>