Alexandra Melawan Hegemoni Korporasi Buku

Alexandra Melawan Hegemoni Korporasi Buku

Akhir tahun lalu kita dikejutkan oleh kabar penutupan tiga perpustakaan daring gratis terbesar, Sci-Hub, BookFi, dan LibGen, setelah kalah menghadapi gugatan raksasan penerbit jurnal Elsevier. Moksanya tiga website tersebut dari jagat maya adalah sebuah kehilangan besar baik para akademisi maupun pembelajar otodidak dari belahan bumi yang masih banyak terkendala oleh persoalan ketersediaan resource pengetahuan yang murah. Namun, rupanya pengelola tiga website itu, Alexandra Elbakyan, tidak tinggal diam; ia melawan. Ia mengalihkan Sci-Hub, Bookfi, dan LibGen ke alamat io.domain di deep web.
Beralihnya tiga situs tersebut dari Surface Web ke Deep Web tentu saja membuat mereka tidak akan pernah sama bagi mayoritas pengguna mereka. Ini membuat Alexandra, sebagaimana diwawancarai Torrent Freak, berharap domainnya akan dikembalikan seperti semula. Dengan nada optimis dia berkata “Aku piker di masa depan keadilan akan bisa terwujud, dan semua domain kami akan dikembalikan.”
Siapakah Alexandra Elbakyan?
Jurnalis Sabto Pradityo dalam ‘Robinhood Sains dari Kazakstan’ mengulas sosoknya, menjelaskan apa motif dan tujuan Alexandra dalam melakukan ‘pembajakan’ buku terbesar dalam sejarah dunia digital kita. Artikel ini juga mengulas bagaimana korporasi-korporasi jahat perbukuan yang dilawan oleh Alexandra juga menjadi pusat keresahan orang-orang di dunia akademik, yang ironisnya justru memperkaya mereka, sehingga keberadaan mereka perlu dilawan bersama.
‘Robinhood Sains dari Kazakstan’ juga adalah bacaan inspiratif untuk menyambut datangnya Hari Perempuan Internasional. Keberadaan Alexandra seolah menegaskan pada dunia yang masih maskulin ini, bahwa perempuan mempunyai kapasitas yang sama dengan lawan jenisnya untuk melakukan kerja-kerja penting, bahkan mengawali satu revolusi, entah apa macamnya. Dan dalam konteks Alexandra, sesungguhnya ia telah melampauinya.
Tulisan tentang Alexandra Elbakyan bisa dibaca di sini

Print Friendly

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>