AQUA Tender Offer Saham Rp 450.000

Jakarta – PT Aqua Golden Mississippi Tbk (AQUA) menawarkan harga saham tender offer sebesar Rp 450.000 per lembar. Ini adalah harga tender offer terbesar dalam sejarah Bursa Indonesia.

Harga yang ditawarkan tersebut berarti 83,82% premium dari harga perdagangan tertinggi atas saham di BEI dalam jangka waktu 90 hari terakhir sebelum pengumuman rencana go private pada hari ini yang sebesar Rp 244.800 per saham.

Harga tersebut juga mencerminkan 83,06% premium dari harga perdagangan tertinggi di pasar reguler BEI selama 2 tahun terakhir sebelum pengumuman dilakukan pada hari ini, setelah memperhitungkan faktor penyesuaian akibat perubahan nilai nominal sejak 2 tahun terakhir hingga RUPSLB yang menyetujui delisting. Anak itu ditambah premium berupa tingkat pengembalian investasi selama 2 tahun yakni Rp 245.819 per saham.

Selain itu, harga tersebut juga 124,89% premium dari hasil penilaian harga wajar saham berdasarkan penilaian penilai independen yang sebesar Rp 200.095 per saham. Harga tender offer itu juga 44.900% premium dari nilai nominal saham yang sebesar Rp 1.000.

AQUA dalam pengumumannya yang dipublikasikan, Selasa (8/9/2009) menjelaskan, tender offer itu merupakan bagian dari rencana perseroan untuk melakukan go private . Perseroan akhirnya memilih go private atas berbagai pertimbangan yakni:

1. Pemegang saham publik yang tidak dapat menjual saham mereka jumlahnya cukup signifikan. Hal ini disebabkan karena perdagangan saham perseroan yang tidak likuid, jumlah pemegang saham publik yang terbatas dan fakta bahwa terdapat cukup banyak pemegang saham yang memegang saham odd lot yakni sekitar 220 pemegang saham dari 316 pemegang saham.

2. Perseroan telah menerima permintaan dari beberapa pemegang saham publik yang ingin menjual saham mereka. Dan karena tidak likuidnya saham perseroan, maka tidak mudah bagi pemegang saham untuk menjual sahamnya melalui bursa, apalagi dengan harga premium.

3. Berdasarkan situasi terakhir, perseroan percaya dapat membiayai sendiri kegiatan operasionalnya baik saat ini maupun di masa yang akan datang.

Tender offer AQUA mengalami kegagalan beberapa kali karena ketidaksetujuan dari pemegang saham. Selanjutnya AQUA akan menggelar RUPSLB guna membahas rencana go private pada 13 Oktober 2009. (/dnl)

Print Friendly

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>